Senin, 03 Desember 2012

Es Krim Coklat Dapat Sembuhkan Batuk

Salam kawan bloggers, kali ini saya ingin berbagi artikel nih tentang Es Krim Coklat Dapat Sembuhkan Batuk. Langsung disimak ya kawan bloggers.



Biasanya penduduk mempunyai persepsi bahwa konsumsi es cream punya potensi menyebabkan batuk. suhu dingin es cream bisa mengiritasi saluran pernapasan hingga mengakibatkan batuk yang mengganggu kegiatan sehari-hari. tetapi penelitian Rilnia Metha Sofia, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Kampus Mataram, menunjukkan es cream coklat justru dapat jadi obat batuk.

Didalam presentasinya pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ( PIMNAS ) 25 yang diselenggarakan di Kampus Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY ) Selasa ( 10/7/2012 ) Rilna mengungkap es cream yang dibikin berbahan coklat nyatanya memiliki kandungan bahan makanan yang bisa menghimpit refleks batuk. cokelat memiliki kandungan zat tobromin yang dengan penting bisa menghimpit refleks batuk. langkah kerja tobromin ini sama juga dengan langkah kerja obat-obat batuk saat meredakan batuk, kata rilna waktu mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul es cream coklat sebagai obat batuk antitusif.

Suhu dingin es, menurut rilna, justru bisa bekerja dengan sinergis dengan tobromin untuk meredakan batuk. menurut dia, dingin dengan suhu yang amat rendah, memanglah bisa mengakibatkan berlangsungnya cedera pada sel, terhitung pada sel saluran nafas hingga menginduksi berlangsungnya batuk. tetapi, dingin dengan suhu yang lebih tinggi, justru bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah lokal tanpa mengakibatkan cedera pada sel.

Didalam penelitiannya, Rilna memakai sampel yang terdiri dari 30 orang mahasiswa lelaki fakultas kedokteran kampus mataram. mereka dibagi jadi 5 grup serta diberi tingkah laku yang berlainan. satu grup diberi zat didalam obat batuk dextrometorphan ( DMP ). grup lain diberi cream coklat, es cream, serta es cream coklat hingga bisa diketahui dampak yang berlangsung pada tiap-tiap grup.

Dampak konsumsi es cream coklat pada pasien batuk nyatanya serupa dengan dampak konsumsi DMP. terutama, es cream coklat tidak mempunyai dampak samping yang bermakna bila dipakai sebagai obat. terasa yang enak dapat menambah kepatuhan pasien minum obat, terlebih anak-anak, lanjutnya. hasil penelitian iniliah yang mengantarkan rilna serta kawan-kawan lolos sebagai peserta PIMNAS 25 Kelompok Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian ( PKM-P ).


Itulah artikel tentang Es Krim Coklat Dapat Sembuhkan Batuk. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna bagi kawan bloggers yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Beri Saran dan Komentar ya Kawan...