Sabtu, 12 Januari 2013

Pemakaian Bahan Makanan Tambahan Dapat Berisiko Bagi Tubuh

Salam kawan bloggers, kali ini saya ingin berbagi artikel nih tentang Pemakaian Bahan Makanan Tambahan Dapat Berisiko Bagi Tubuh. Langsung disimak ya kawan bloggers.


Pemakaian bahan tambahan makanan tipe apapun, baik untuk pengawet, pemanis, perisa, pewarna, penguat rasa, ataupun type yang lain memiliki kandungan risiko untuk tubuh. mengonsumsi beberapa bahan tersebut diperbolehkan didalam jumlah spesifik.

”Konsumen mesti cerdas, janganlah asal ambillah makanan tanpa membaca kandungan bahan makanan yang tercantum pada label, ” kata Pakar Kajian serta Keamanan Pangan dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung, Rahmana Erman Kartasasmita.
Menurut dia, batas atas mengonsumsi sebanyak Bahan Tambahan Makanan ( BTM ) di Indonesia jauh lebih ketat dibanding Eropa, Amerika Utara, serta Australia.Tetapi, itu tidak bikin industri di sana segera menggunakan btm sampai batas paling tinggi dikarenakan customer di negara-negara itu condong hindari makanan yang memiliki kandungan btm.

Situasi sebaliknya justru berlangsung di indonesia. customer tidak mengecek akibat ketidakmengertian serta tidak pelajari catatan pada label makanan. perihal ini Menuntut Badan Pengawas Obat Serta Makanan ( BPOM ) bekerja lebih keras mengawasi serta mengatur pemakaian btm.

Pakar Kimia Pangan dari Jurusan Teknologi Pangan Kampus Gadjah Mada, Umar Santoso, menyatakan, BPOM mesti meyakinkan supaya seluruh industri, baik industri besar ataupun rumah tangga yang menghasilkan makanan olahan, mematuhi batasan pemakaian btm.

”Kepatuhan pada regulasi keamanan pangan di Indonesia amat rendah. walau sebenarnya, itu amat vital, ” tuturnya.

Kesadaran pada pentingnya keamanan pangan mesti jadi perhatian utama industri, customer, serta pemerintah dikarenakan kecurangan didalam pemakaian btm dapat beresiko luas. menurut umar, tindakan preventif bpom tetap amat kurang serta mereka dinilai cuma bereaksi waktu berlangsung masalah.

Dengan terpisah, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih merekomendasikan penduduk untuk mengonsumsi makanan fresh dari pada product instan terus-menerus. ”Kita mesti makan bermacam macam makanan yang sehat serta mesti makan sayur serta buah, ” tuturnya.
Itulah artikel tentang Pemakaian Bahan Makanan Tambahan Dapat Berisiko Bagi Tubuh. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna bagi kawan bloggers yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Beri Saran dan Komentar ya Kawan...