Minggu, 04 November 2012

Waspadai Kondisi Terlalu Lelah

Salam kawan bloggers,kali ini saya ingin berbagi artikel nih tentang Waspadai Kondisi Terlalu Lelah. Langsung disimak ya kawan bloggers.

 Kebanyakan orang mendengar tentang keberadaan kelenjar paratiroid pada tubuh mereka, sebuah organ kecil berbentuk kupu-kupu yang berada di bagian tenggorokan. Namun sedikit orang yang mengetahui bahwa mereka memiliki empat kelenjar paratiroid yang berada di belakang tiroid.

Kelenjar-kelenjar ini, masing-masing berukuran sebesar miju-miju, mengatur kadar kalsium dalam darah. Kalsium membentuk tulang dan gigi yang kuat. Level darah yang stabil menjaga fungsi saraf dan otot. Jika kalsium turun terlalu rendah, kelenjar-kelenjar ini mengeluarkan hormon (disebut hormon paratiroid) yang mengembalikan kalsium menjadi normal. Dengan level kalsium yang normal, hormon ini ditekan.

Namun kadang kala kelenjar paratiroid memproduksi terlalu banyak hormon, menyebabkan berlebihnya kalsium pada darah. Disebur hiperparatiroid, gangguan ini bisa menyebabkan kelelahan teramat sangat. Gejala lainnya termasuk sakit pada bagian perut, mabuk dan muntah, dan yang lebih serius adalah depresi, batu ginjal, serangan jantung tiba-tiba, dan osteoporis.

Inilah yang dialami Scarlett MccGwire yang merasa gampang lelah dan bahkan sering tertidur. Perempuan berusia 58 tahun ini kemudian melakukan pemeriksaan dan pemindaian yang mengungkapkan bahwa ia mengalami hiperparatiroid. Salah satu kelenjar kecil itu membesar menjadi tumor jinak.

Menurut Tom Kurzawinski, konsultan pankreas dan bedah endokrin di University College London Hospitals, gejala yang dialami Scarlett ini adalah penyebab yang umum terjadi pada kasus overproduksi hormon paratiroid dan berlebihnya kalsium pada darah.

Di Inggris, kondisi ini diperkirakan menyerang satu dari 1000 orang. "Kondisi ini empat kali lebih sering terjadi pada perempuan daripada lelaki, namun secara masif tidak terdiagnosa karena sering dilupakan," ujar Kurzawinski.

Padahal pemecahannya menurutnya cukup sederhana, cukup melakukan tes kalsium pada darah yang bisa memperlihatkan hiperparatiroid.

Kabar baiknya, sekitar 98 persen dari kasus, operasi sederhana sudah cukup memecahkan masalah. Operasi yang dilakukan pada Scarlett, melibatkan sayatan kecil tak jauh dari atas tulang lehernya, mengambil kelenjarnya, dan hanya satu malam diopname di rumah sakit. Pagi harinya, setelah dites kadar kalsiumnya, operasi tersebut sudah memperlihatkan hasil.

"Begitu kami mengambil kelenjar paratiroid yang membengkak tadi, level kalsium dalam darahnya kembali normal dalam lima menit. Penormalan yang cepat ini mengindikasikan penyembuhan total," ujar Kurzawinski.

Itulah artikel tentang Waspadai Kondisi Terlalu Lelah. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna bagi kwan bloggers semua yang membacanya.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Beri Saran dan Komentar ya Kawan...