Kamis, 22 November 2012

Kelebihan Nasi Merah dan Belalang Goreng sebagai Kesehatan

Salam kawan bloggers, kali ini saya ingin berbagi artikel nih tentang Kelebihan Nasi Merah dan Belalang Goreng sebagai Kesehatan . Langsung disimak ya kawan bloggers.

Sekarang ini barangkali makanan tradisional layaknya nasi merah serta belalang goreng mulai ditinggalkan oleh penduduk, dikarenakan beberapa orang lebih menentukan makanan barat. walau sebenarnya banyak zat gizi yang ada didalam makanan lokal ini.

"Semakin beberapa orang yang terkena penyakit tidak menular yang sesungguhnya dapat dicegah dengan pola makan bagus serta menentukan makanan yang benar. belilah serta makan pangan lokal", tutur Prof Dr Ahmad Sulaiman, pakar pangan dari IPB didalam acara jelajah gizi SariHusada di Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat ( 2/11/2012 ).

Prof Ahmad menuturkan layaknya halnya makanan lokal di gunung kidul yakni beras merah serta belalang goreng. beras merah dapat disebut makanan yang mendekati organik dengan alami, dikarenakan ia jarang disemprot ( pestisida ) serta jarang dipupuk hingga mendekati organik.

Disamping itu, kulit ari yang tetap ada didalam beras merah ini juga memiliki kandungan serat yang bikin beras merah seratnya 2 kali lipat di banding beras putih, memiliki kandungan asam lemak esensial serta kandungan zat besi yang lebih tinggi.

"Yang sangat mutlak kandungan tiamin atau vit. b1-nya, yang berperan saat metabolisme karbohidrat atau daya serta juga neurotransmitter", tutur Prof Ahmad.

Prof Ahmad menuturkan Gunung Kidul dikenal dengan angka depresi serta bunuh diri yang terbilang tinggi, kemungkinan perihal ini dikarenakan masyarakatnya telah meninggalkan makanan lokal ini. dikarenakan kekurangan zat-zat gizi ini dapat menghindar depresi.

Berlebihan lain dari beras merah ini yaitu mengandung selenium yang mutlak untuk beragam enzim serta kandungan protein dari beras merah lebih tinggi daripada nasi putih.

Namun warna merah didalam nasi merah ini memiliki kandungan pigmen yang memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghindar sistem oksidasi lemak yang bisa menciptakan radikal bebas. dan kandungan indeks glikemiknya rendah hingga tidak cepat menaikkan kandungan gula darah.

Makanan lain yang cukup dikenal yaitu belalang goreng. makanan khas gunung kidul ini diketahui dapat jadi sumber protein yang baik serta apalagi tidak kalah dengan daging sapi. Kulit dari belalang ini sama layaknya udang yang memiliki kandungan kitosan serta kandungan Vit. A, tetapi Vit. A ini bergantung dari musim waktu belalang tersebut di ambil, papar prof ahmad.

Untuk penduduk baiknya terus menjaga mengonsumsi makanan lokal. dikarenakan sebagian makanan lokal ini diketahui memiliki kandungan zat-zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.



Itulah artikel tentang Kelebihan Nasi Merah dan Belalang Goreng sebagai Kesehatan  . Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna bagi kawan bloggers yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Beri Saran dan Komentar ya Kawan...