Google Adsense adalah program yang paling banyak dibicarakan dan diincar oleh para pengguna website atau blogger karena program ini adalah program yang bertajuk Bisnis Online dan program ini juga dideikasikan oleh Google selama beberapa tahun.
Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik
situs yg sudah bergabung dengan Google AdSense dan sudah pula memasang
iklan AdSense di situs mereka.
Ad Units
Yg dimaksud dengan Ad Units ya iklan
AdSense itu sendiri. Ad Units ini terdiri dari beberapa jenis dan
ukuran. Yg paling umum adalah jenis Text Ads.
Pada saat pengunjung meng-klik unit
iklan ini, maka, jika valid, publisher akan mendapatkan pemasukan sesuai
dengan nilai CPC-nya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh masing2
jenis dan ukuran Ad Units di sini. Dalam satu halaman, publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal tiga buah Ad Units.
Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad Units,
hanya saja formatnya mirip dengan format menu yg biasa kita temui di
situs2 web.
Yg membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian
di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan
apabila pengunjung meng-klik salah satu Ad Unit yg ada di halaman
tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan
lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa. Dalam satu halaman situs,
publisher diperbolehkan untuk memasang satu buah Link Units saja.
AdSense for Content
Yg dimaksud AdSense for Content adalah
iklan AdSense yg dipasang di dalam suatu halaman. Iklan2 yg muncul
adalah iklan2 yg berhubungan dng isi halaman tersebut. Atau istilahnya
menggunakan konsep contextual. Ad Units dan Link Units adalah yg
termasuk dalam AdSense for Content ini.
Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak
selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yg
berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat
memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara
default, yg ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering
dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi,
maka jika di-klik, iklan ini tidak menghasilkan apa2 bagi publisher.
Untuk mengatasinya, Google
memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif.
Jika Ad Units yg dibuat telah di-setting dengan menggunakan Alternate
Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yg muncul adalah
iklan alternatif yg ter-setting didalamnya.
AdSense for Search
Selain memasang iklan, publisher AdSense
juga dapat memasang form search box di situs mereka. Form ini dinamakan
AdSense for Search. Apabila ada pengunjung yg melakukan pencarian
dengan menggunakan form tersebut, maka ia akan dibawa menuju halaman
hasil pencarian yg bersangkutan. Sama halnya dengan Link Units,
publisher akan mendapat pemasukan apabila salah satu iklan yg ada di
halaman tersebut di-klik.
Publisher diperbolehkan untuk memasang
maksimal 2 buah form AdSense for Search dalam satu halaman. Selain itu
publisher tidak diperbolehkan untuk memasang form pencarian dari pihak
lain.
Referrals
Referrals adalah satu lagi sumber
pendapatan publisher di dunia AdSense. Ya, publisher dapat melakukan
iklan referral, baik berupa banner maupun text, di situs mereka. Yg
perlu diingat, iklan jenis ini bersifat CPA (Cost Per Action), dimana
publisher baru akan dibayar apabila pengunjung yg meng-klik iklan
tersebut telah melakukan tindakan tertentu.
Misalnya, pada iklan referral AdSense,
pengunjung yg meng-klik iklan dan bergabung dengan Google AdSense baru
akan menghasilkan pemasukan bagi publisher apabila pengunjung tersebut
meraih $100 dalam jangka waktu 6 bulan (180 hari).
Contoh tampilan iklan Referrals adalah sebagai berikut:
Saat ini ada 3 macam iklan referral, yaitu AdSense, AdWords, dan Firefox.
Channels
Channels adalah semacam label yg dapat
diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals.
Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu lebih, dan sebaliknya,
satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman
laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan
Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher
untuk menganalisa perfomance AdSense mereka.
Umumnya, publisher akan memberikan nama
Channels yg sama pada unit2 iklan yg ada di satu situs. Jika mau lebih
detail, sah2 saja untuk memberikan nama Channels yg berbeda untuk tiap2
unit iklan di tiap2 situs. Yg perlu diingat, maksimal jumlah Channels yg
diperbolehkan saat ini adalah 200 buah.
Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yg
menunjukkan berapa kali halaman yg mengandung Ad Units dibuka oleh
pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yg ada di
dalam halaman yg bersangkutan.
Clicks
Rasanya tidak perlu diterangkan panjang
lebar. Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam
halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yg ia
dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units maupun Channel-nya.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen
antara jumlah klik yg diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad
Units tersebut. Misal, satu Ad Units yg ditampilkan 40 kali dan di-klik
10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40). Berapa nilai CTR yg ideal? Hal
ini sulit ditentukan karena terpengaruh oleh banyak faktor, seperti
sumber datangnya pengunjung, jumlah pengunjung, dan sebagainya. Untuk
situs yg padat pengunjung misalnya, nilai CTR antara 8 – 10% sudah
termasuk ideal.
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yg akan
didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu di klik. Nilai CPC
masing2 Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk
perfomance publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun secara
umum, nilai maksimal yg mungkin adalah 20% dari nilai bid dinamis yg
ditawarkan pemasang iklan.
eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah
hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page
impression (per 1000) yg ia dapatkan dari iklan2nya. Sebagai contoh,
publisher yg menghasilkan $200 dari 50,000 impression akan memiliki
nilai CPM sebesar $4 ($200/50). Nilai eCPM pada umumnya tidak begitu
bermanfaat bagi publisher. Namun publisher dapat secara garis besar
melihat kesuksesan Channel / Ad Units-nya berdasarkan eCPM Channel atau
Ad Units tersebut.
Itulah artikel tentang Jenis-jenis Google Adsense.Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna bagi para bloggers yang membacanya.
Itulah artikel tentang Jenis-jenis Google Adsense.Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna bagi para bloggers yang membacanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tolong Beri Saran dan Komentar ya Kawan...