Minggu, 29 Juli 2012

Waspadai Jajanan Sekolah dan Makanan Takjil Berbahaya

Salam kawan bloggers,kali ini saya ingin berbagi  artikel nih tentang Waspadai Jajanan Sekolah dan Makanan Takjil Berbahaya.Langsung disimak ya kawan bloggers.

Masyarakat diminta lebih waspada terhadap kelayakan konsumsi jajanan di sekolah maupun sajian takjil yang dijajakan di jalanan. Sebab, jenis-jenis makanan tersebut berpotensi mengandung bahan berbahaya yang tak layak dikonsumsi manusia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang Widoyono mengatakan, ada beberapa jenis bahan berbahaya yang diduga kerap digunakan atau dicampur dalam makanan atau jajanan, di antaranya formalin, rhodamin B, borak, dan metanil yellow.

”Tujuannya, tentu untuk membuat awet dan atau memperindah tampilan makanan yang dijajakan. Bahan-bahan itu sangat tidak layak konsumsi. Jika masuk dalam tubuh secara rutin dan dalam jangka waktu panjang, sangat membahayakan.

Menurutnya secara fisik, ada beberapa indikator sederhana untuk mengetahui makanan itu mengandung bahan berbahaya atau tidak. Maka warga diminta untuk lebih waspada, ketika hendak membeli atau mengkonsumsi beberapa jenis makanan itu.

Kalau bisa, pilih makanan yang tidak berwarna mencolok, tekstur yang tidak terlalu kenyal, dan tidak ada kejanggalan lain pada sebuah makanan. Kejanggalan yang dimaksud, biasanya makanan yang amis pasti ada lalat yang mendekat. Jika tidak ada lalat, dapat dicurigai makanan tersebut mengandung formalin. Selain itu, saat memilih sayuran, usahakan yang ada bekas rusak karena ulat. Dengan adanya ulat, berarti besar kemungkinan sayuran tersebut sehat

Itulah artikel tentang Waspadai Jajanan Sekolah dan Makanan Takjil Berbahaya.Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna bagi kawan bloggers yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Beri Saran dan Komentar ya Kawan...