Jumat, 08 Februari 2013

5 Tips Manfaatkan Cengkih


Cengkih adalah tanaman asli indonesia serta banyak dipakai sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara eropa, serta sebagai bahan utama rokok kretek khas indonesia. tanaman yang mempunyai lama latin syzygium aromaticum ini mempunyai bermacam manfaat, bukan sekedar sebagai penyedap makanan, namun juga untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Cengkih memiliki kandungan senyawa aktif layaknya minyak volatil, fenilin, karyofilin, kaemprefol, kampestrol, karbohidrat, asam oleanolik, stigmasterol, sitosterol, rhamnetin, vit., carvacrol, thymol, eugenol serta cinnamaldehyd.

Untuk tahu lebih dekat apa saja manfaat yang bisa anda petik dari tanaman tropis ini, Berikut adalah pemanfataannya :

1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Didalam buku Herbal Indonesia Berkhasiat, cengkih dijelaskan bisa menolong menangani sakit gigi. sisi yang dipakai sebagai obat yaitu bunga cengkih. langkah pemakaiannya, ambillah sejumlah 5 hingga 10 butir bunga cengkih lantas disangrai serta ditumbuk sampai halus. bubuk cengkeh dapat ditaburkan di gigi yang tengah sakit.

2. Menangani Noda Jerawat

Layaknya diambil health. com, Cornelia Zicu, seorang staf dari Elizabeth Arden Red Door Spas, menyebutkan, cengkeh bisa digunakan untuk menyingkirkan noda bekas jerawat berkat kadungan senyawa euganol ( antiseptik alami yang menyeimbangkan kulit ), dan menghindar munculnya jerawat.

Langkah Pemakaiannya : campur 1 sendok teh cengkeh tanah, 1 sendok teh madu, serta 3 tetes jus lemon fresh didalam mangkok kecil. sesudah itu, berikan ke seluruh muka anda serta biarlah sepanjang 20 menit, lantas basuh dengan air dingin untuk memperoleh hasil terbaik.

3. Menangani Infeksi Pernapasan

Yakin atau tidak, teh yang memiliki kandungan cengkeh bisa menolong anda menangani infeksi pernapasan.”Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran, melonggarkan lendir di tenggorokan serta kerongkongan”, tutur Neil Schachter, MD, seorang profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City.

Untuk memperoleh hasil optimal, Dr Schachter lalu berikan langkah penyajiannya : campur 2 batang cengkeh, selembar kayu manis, serta 2 biji kapulaga, lantas dihancurkan. sesudah itu, letakkan didalam sesuatu cangkir, imbuhkan air mendidih, serta biarlah sepanjang 1-2 menit.

4. Pewangi Baju Alami

Siapa yang sangka nyatanya cengkeh juga dapat digunakan sebagai aroma pewangi pada baju. taruhlah sebagian batang cengkeh ke didalam lemari baju anda. aroma cengkeh yang pedas dapat menutupi bau tidak enak serta melindungi barang-barang anda terus fresh. untuk melindungi supaya aroma terus terjaga, anda dapat menggantinya tiap-tiap 2-4 minggu sekali.

5. Pembersih Yang Ramah Lingkungan

Untuk bersihkan dinding kamar mandi tidak senantiasa mesti menggunakan sabun atau bahan kimia yang lain. saat ini anda dapat menggunakan cengkeh sebagai gantinya. cengkeh bekerja sebagai antiseptik alami. minyak cengkeh bisa kurangi jamur atau bakteri yang ada pada perabotan rumah tangga serta menghindar kuman datang kembali, kata sara snow, seorang pakar eco-cleaner serta penulis buku.

Langkah pemakaiannya : imbuhkan sejumput minyak cengkeh ( lebih kurang 1/2 sendok teh ) untuk 2 cangkir air serta tuang ke didalam sesuatu botol semprot yang kosong. lantas semprotkan pada tempat-tempat yang rawan terpapar kuman atau bakteri, layaknya dinding kamar mandi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Beri Saran dan Komentar ya Kawan...